Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran di era Kurikulum Merdeka terkait penyebab pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran,  dampak yang timbul akibat pemanfaatan ChatGPT, dan tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian systematic literature review dengan teknik pengumpulan data menggunakan alur PRISMA. Data penelitian diperoleh dari literatur yang terpublikasi sejak November 2022 – Mei 2024 pada  aplikasi Publish or Perish. Hasil penelitian menujukkan penyebab utama pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran yaitu perkembangan teknologi dan inovasi pembelajaran, rendahnya keterampilan menulis, dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Di samping itu, terdapat penyebab lain seperti kurangnya motivasi belajar, perubahan cara belajar, personalisasi belajar.  Pemanfaatan ChatGPT memberi dampak positif terutama pada peningkatan motivasi dan minat belajar, peningkatan aktivitas dan hasil belajar, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.  Namun demikian, pemanfaatan kecerdasan buatan ini memberi dampak negatif pula terutama ketergantungan pada teknologi, menimbulkan rasa malas,  dan melemahkan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas. Tantangan utama pemanfaatan ChatGPT adalah  keakuratan informasi, etika akademik dan plagiarisme, kesenjangan teknologi, masalah privasi, serta internet. Kesimpulan, Pemanfaatan ChatGPT dalam lingkup  akademik dapat mengatasi beberapa permasalahan pembelajaran. Namun, pemanfaatan kecerdasan buatan tersebut menimbulkan dampak positif dan negatif, sekaligus tantangan. Oleh karena itu, pemanfaatan ChatGPT memerlukan pengawasan dan penerapan etika akademik agar integritas hasil pembelajaran tetap terjaga.

Keywords

ChatGPT dalam pembelajaran teknologi pembelajaran Kurikulum Merdeka

Article Details

Author Biography

Agung Supriyono, SMPN 3 Pasrepan Satu Atap, Pasuruan - Indonesia

Guru Informatika SMPN 3 Pasrepan Satu Atap

How to Cite
Supriyono, A., Lesmono , A. D., & Prihandono, T. (2024). Dampak dan Tantangan Pemanfaatan ChatGPT dalam Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka: Tinjauan Literatur Sistematis . Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 134 - 152. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i2.5214

References

  1. Abuhassna, H., Awae, F., Adnan, M. A., Daud, M., & Almheiri, A. S. (2024). The Information Age for Education via Artificial Intelligence and Machine Learning: A Bibliometric and Systematic Literature Analysis. International Journal of Information and Education Technology, 14(5). http://dx.doi.org/10.18178/ijiet
  2. Agustini, N. P. O. (2023). Examining the role of ChatGPT as a learning tool in promoting students' English language learning autonomy relevant to Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 921-934. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.373
  3. Ajlouni, O. A., Abd-Alkareem Wahba, F., & Salem Almahaireh , A. (2023). Students’ Attitudes Towards Using ChatGPT as a Learning Tool: The Case of the University of Jordan. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 17(18), pp. 99–117. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i18.41753
  4. Akastangga, M. D. F., Harmonis, S., & Al Hafidz, R. A. (2023). The impact of ChatGPT on the critical thinking ability of UIN Sunan Kalijaga students. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, 13(3), 157-165. https://doi.org/10.31940/matrix.v13i3.157-165
  5. Al Farizi, Z., Sahlan, S., Prasetyo, E., Fitriani, N., Laleng, E. M., Tiar, H. H., & Anwar, Z. Analysis of the Impact of ChatGPT Usage in Direct Current Physics Material on Enhancing Students' Higher-Order Thinking Skills (HOTS) during the Merdeka Belajar. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 12(1), 92-105. http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v12i1.17603
  6. Alkaissi, H., & McFarlane, S. I. (2023). Artificial hallucinations in ChatGPT: implications in scientific writing. Cureus, 15(2). https://doi.org/10.7759%2Fcureus.35179
  7. Astuty, N. T., & Anggraini, C. (2024). Optimalisasi Penggunaan Chatgpt Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Di Universitas Telkom. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 9(2), 250-260. https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.182
  8. Cahyanto, H. N., Pamungkas, P., & Zulkarnain, O. (2024). Pengaruh Penggunaan Chatgpt Terhadap Kemandirian Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akademik. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 930-935. https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i1.25582
  9. Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial intelligence in education: A review. Ieee Access, 8, 75264-75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510
  10. Deng, J., & Lin, Y. (2022). The benefits and challenges of ChatGPT: An overview. Frontiers in Computing and Intelligent Systems, 2(2), 81-83. https://doi.org/10.54097/fcis.v2i2.4465
  11. Faldi, M. R. R., Prafitasari, A. N., & Soelfiah, A. (2024). Chat Gpt: Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 217-225. http://dx.doi.org/10.24042/biosfer.v14i2.17111
  12. Farman, I. (2024). Analisis Penggunan Chatgpt Sebagai Asisten Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 6636-6639. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29138
  13. Fatmawati, F., Sari, M. N., Setianti, Y., Saleh, K., & Pitra, D. H. (2024). Peran Artificial intelligence (AI) dalam Personalisasi Proses Pembelajaran Mahasiswa di Pendidikan Tinggi. Journal on Education, 6(4), 20148-20157. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6070
  14. Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publications. London: Sage Publications.
  15. Hassan, A. (2023). The Usage of Artificial Intelligence in Education in Light of the Spread of ChatGPT. In Emerging Trends and Innovation in Business and Finance (pp. 687-702). Singapore: Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-99-6101-6_50
  16. Kayalı, B., Yavuz, M., Balat, Ş., & Çalışan, M. (2023). Investigation of student experiences with ChatGPT-supported online learning applications in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 39(5), 20-39. https://doi.org/10.14742/ajet.8915
  17. Kooli, C. (2023). Chatbots in education and research: A critical examination of ethical implications and solutions. Sustainability, 15 (7), 5614. https://doi.org/10.3390/su15075614
  18. Kuka, L., Hörmann, C., Sabitzer, B. (2022). Teaching and Learning with AI in Higher Education: A Scoping Review. In: Auer, M.E., Pester, A., May, D. (eds) Learning with Technologies and Technologies in Learning. Lecture Notes in Networks and Systems, vol 456. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-031-04286-7_26
  19. Liebrenz, M., Schleifer, R., Buadze, A., Bhugra, D., & Smith, A. (2023). Generating scholarly content with ChatGPT: ethical challenges for medical publishing. The lancet digital health, 5(3), e105-e106. https://doi.org/10.1016/S2589-7500(23)00019-5
  20. Lo, C. W. (2023). What Is the Impact of ChatGPT on Education? A Rapid Review of the Literature. Educ. Sci., 13, 410. https://doi.org/10.3390/educsci13040410
  21. Mairing, J. P., Rizaldi, M., Pandiangan, P., Lada, E. Y., & Monita, D. M. (2024). Development of Problem, YouTube and ChatGPT Learning Model to Improve Students’ Proving Ability in Real Analysis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 169-184. https://doi.org/10.15294/sgz61469
  22. Moher,D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., & PRISMA Group. (2009). Reprint—Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses: The PRISMA Statement, Physical Therapy, 89 (1), 873–880. https://doi.org/10.1093/ptj/89.9.873
  23. Mubarak, R., & Diantoro, K. (2024). Mempersiapkan Siswa SMK PGRI 4 Jakarta Menuju Revolusi Industri 5.0 Dengan Literasi Baca Tulis Menggunakan Chat GPT. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.53769/jai.v4i1.590
  24. Haidir, Muhamad, T., Roviati, Evi, & Deka (2024). Penerapan Chat-Gpt Dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Social & Technology/Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), 4(3).
  25. Murcahyanto, H. (2023). Penerapan Media Chat GPT pada Pembelajaran Manajemen Pendidikan terhadap Kemandirian Mahasiswa. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(1), 115-122. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i1.14073
  26. Mustafa, M. (2023). Aktivitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Berpikir Komputasi Berbantuan Chat-GPT. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5(2), 283-298. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.3469
  27. Musthafa, F. A. D. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran: Fenomena Transformasi Otoritas Pengetahuan di Kalangan Mahasiswa. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 125-136. https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4386
  28. Nikolaeva, I. V., Levchenko, A. V., & Zizikova, S. I. (2023, April). Artificial Intelligence Technologies for Evaluating Quality and Efficiency of Education. Proceedings of the 2nd International Conference Engineering Innovations and Sustainable Development. CEISD 2023. Lecture Notes in Civil Engineering, 378. https://doi.org/10.1007/978-3-031-38122-5_50
  29. Nufus, N. A. (2024). Penerapan Metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Berbantuan Chatgpt Dalam Mrningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15(2), 131-138. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i2.20875
  30. Pardosi, I. A., Hardy, H., Pipin, S. J., Tanti, T., & William, W. (2024). Implementasi smart learning menggunakan ChatGPT pada SMAS Bodhicitta Medan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 955-967. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i2.22549
  31. Pratama, R. M. D., & Hastuti, D. P. (2024). The use of artificial intelligence to improve EFL students’ writing skill. English Learning Innovation, 5(1), 13–25. https://doi.org/10.22219/englie.v5i1.30212
  32. Rahimi, A. R., & Sevilla-Pavón, A. (2024). The role of ChatGPT readiness in shaping language teachers' language teaching innovation and meeting accountability: A bisymmetric approach. Computers and Education: Artificial Intelligence, 7, 100258. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2024.100258
  33. Rahman, S., Sembiring, A., Aulia, R., Dafitri, H., & Liza, R. (2023). Pengenalan ChatGPT untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa-Siswi di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 1-7. https://doi.org/10.35447/prioritas.v5i01.744
  34. Rath, K. C., Senapati, A. K., Dalla, V. K., Kumar, A., Sahu, S., & Das, R. P. (2023). Growing Role of AI Towards Digital Transformation In Higher Education Systems. In Advancements in Artificial Intelligence, Blockchain Technology, and IoT in Higher Education (pp. 3-26). Apple Academic Press. https://doi.org/10.1201/9781003300458-2
  35. Ratnawati, O. A., Artuti, E., & Pancarita, P. (2023). Proses Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Menggunakan Kerangka Kerja Teori Mason Berbantuan ChatGPT Pada Analisis Real II. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 61-68. https://doi.org/10.46918/equals.v6i2.1814
  36. Rathore, B. (2023). Future of AI & Generation Alpha: ChatGPT beyond Boundaries. EDUZONE: Internasional Peer Reviewed/Refereed Multidisciplinary Journal (EIPRMJ), 12(1), 2319–5045. http://dx.doi.org/10.56614/eiprmj.v12i1y23.254
  37. Rizaldi, M., Sasalia, P., & Pancarita, P. Efektivitas Chatgpt Untuk Mendorong Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 168-181. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v12i1.18668
  38. Robbani, A. S., Atmantika, Z. H., & Bhavani, S. G. A. E. (2023). The Use of ChatGPT among Arabic Language and Literature Students: Opportunities and Challenges. Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam, 6(2), 203-215. https://doi.org/10.26555/insyirah.v6i2.9440
  39. Romlah, R., Padli, F., Azizah, H. A., & Istiqomah, N. (2023). Peran ChatGPT dalam Pengalaman Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sinestesia, 13(2), 1127-1132. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/450
  40. Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464–1474. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5761
  41. Saefudin, A., & Musadad, A. A. (2024). Curriculum control and lesson planning: History teacher autonomy in different school contexts. Kasetsart Journal of Social Sciences, 45(2), 391-400. https://doi.org/10.34044/j.kjss.2024.45.2.05
  42. Sariyasa, S., & Monika, K. A. L. (2023). Artificial Intelligence and Academic Ethics in The Era of Merdeka Belajar: How Are Students' Responses?. Jurnal Kependidikan, 9(3). https://doi.org/10.33394/jk.v9i3.8720
  43. Seraphine, A., & Ginting, D. Mengintegrasikan Teknologi Chat Gpt Ke Dalam Kelas Menulis Bahasa Mandarin. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 16(1), 120-133. https://dx.doi.org/10.26418/jvip.v16i1.64576
  44. Simamora, D., Napitupulu, F. D., & Silitonga, H. (2024). The Effect Of Chatgpt Application Towards Students’ability In Writing Exposition Text At The Eight Grade Of SMP Negeri 37 Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5037-5041. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27416
  45. Sutjipto. (1995). Aplikasi Meta-Analisis dalam Pengujian Validitas Item. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
  46. Stöhr, C., Ou, A. W., & Malmström, H. (2024). Perceptions and usage of AI chatbots among students in higher education across genders, academic levels and fields of study. Computers and Education: Artificial Intelligence, 100259. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2024.100259
  47. Subargo, Y. L., Satrio, P., & Abni, S. R. N. (2023). Aktivasi Argumentasi Melalui Model Pembelajaran Provokatif-Interaksial dengan Optimalisasi Kecerdasan Buatan ChatGPT pada Kelas Bahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Airlangga. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 420-433. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11777
  48. Subiyantoro, S., Degeng, I. N. S., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2023). Exploring the Impact of AI-Powered Chatbots (Chat GPT) on Education: A Qualitative Study on Benefits and Drawbacks. Jurnal Pekommas, 8(2), 157-168.
  49. Sugiarto, S., & Suhono, S. (2023). Studi Kasus Penggunaan ChatGPT pada Mahasiswa di PTKI Lampung. Jurnal Al-Qiyam, 4(2), https://doi.org/10.33648/alqiyam.v4i2.318
  50. Suharno, S., Rifai, R., & Sudrajat, A. (2023). Multicultural encounters within kampus merdeka: A study on educational policy impact to bolster diversity. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(2). https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.58223
  51. Suwadi, S. (2023). A Utilization of Artificial Intelligence in Learning Writing in Higher Education. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 7(2), 596-604. https://doi.org/10.29062/edu.v7i2.768
  52. Syahri, A., Efriyanti, L., Zakir, S., & Imamuddin, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Chat Gpt Terhadap Pola Pikir Mahasiswa dalam Mata Kuliah Metodologi Penelitian: Studi Penelitian Kuantitatif. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 135-143. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1910
  53. Utari, H., Quthny, A. Y. A., & Arobi, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence terhadap Kecerdasan Intelektual Mahasiswa PAI Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 152-164. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.574
  54. Yukadhirza, V., & Muslem, M. (2023). Utilisation of Chat GPT in Improving Learning of Islamic Communication and Broadcasting Students at State Islamic University of Langsa. TASÂMUH, 21(2), 235-248. https://doi.org/10.20414/tasamuh.v21i2.8444
  55. Yunarzat, E., Sida, S. C., & Kasman, K. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 6(2), 1607-1626. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6489
  56. Yunita, A., & Mubarok, A. M. I. (2023). Utilization of Artificial Intelligence (AI) Technology in the Development of Learning Tools at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. In 2nd Annual Conference of Islamic Education 2023 (ACIE 2023) (pp. 64-66). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-182-1_12
  57. Zaimah, N. R., Hartanto, E. B., & Zahro, F. (2024). Acceptability and Effectiveness Analysis of Large Language Model-Based Artificial Intelligence Chatbot Among Arabic Learners. Mantiqu Tayr: Journal of Arabic Language, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.25217/mantiqutayr.v4i1.3951
  58. Zamzami, N., Kurniawan, E. H., & Asyhar, W. I. (2024). Students Perception In Using Chat-Gpt Technology Toward Learning Activities. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(2), 212-218. DOI: 10.37081/ed.v12i2.5832
  59. Zaturrahmi, Festiyed, and Ellizar. (2020). The Utilization Of Virtual Laboratory In Learning: A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3, 228-236 http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6474
  60. Zebua, J. A. Z., & Katemba, C. V. (2024). Students' Perceptions of Using the OpenAI ChatGPT Application in Improving Writing Skills. Journal of Language and Literature Studies, 4(1), 110-123. https://doi.org/10.36312/jolls.v4i1.1805
  61. Zega, T. O., & Batubara, A. K. (2024). Pengaruh Artificial Intelligence (AI) terhadap Digital Literasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Angkatan 2021 UIN Sumatera Utara, Medan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 3371-3390. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.2838
  62. Zhang, P., & Tur, G. (2024). A systematic review of ChatGPT use in K‐12 education. European Journal of Education, 59(2), e12599. https://doi.org/10.1111/ejed.12599
  63. Zulfikasari, S., Sulistio, B., & Aprilianasari, W. (2024). Utilization of Chat GPT Artificial Intelligence (AI) in Student’s Learning Experience Gen-Z Class. Lectura: Jurnal Pendidikan, 15(1), 259-272. https://doi.org/10.31849/lectura.v15i1.18840